Jumat, Juli 25, 2008

Kasus 1 : Form tidak mau tampil didepan ketika di-Show (ada timernya)

Pada suatu hari nich, ada mahasiswa yang menemukan kasus begini :

Dia masang 2 timer di form1, timer1 buat tulisan berkedip2, timer2 buat menampilkan form1 sekilas aja kemudian setelah itu akan dimunculkan form2 yang merupakan menu utama. Pada form2 terdapat link yang menuju ke form3 dengan menggunakan komponen menu. Nah ketika perintah form3.show dijalankan, tampil form3 sekilas kemudian form2 langsung tampil menutupinya dan setiap diklik form3 kejadiannya berulang seperti itu. udah dicari muter-muter,,,,eh ternyata masalahnya cuma1. yaitu setelah menjalankan timer2 diakhir listingnya sebelum end harus ditambahkan
"timer2.enabled:=false"
udah deh langsung oke. oh ternyata itu tadi efek dari kedip2nya timer2 yang ada di form1 tooo...
emang kelihatan sepele yah, tapi bikin mumetz juga.

Okke... bagi rekan-rekan mahasiswa, jika ada pertanyaan tentang nDelphi, boleh diskusi dengan saya (kalo saya pas bisa jawab ya langsung tak jawab tapi kalo belum ktemu jawabannya yah kita cari sampe ktemu).
Asalkan nich pertanyaannya yang masuk akal, bukan termasuk "Buatkan aku program anu donk, dari A sampai Z karena aku enggak bisa". Nah, itu adalah hal yang harus sangat dihindari.

Lagipula nich, belum tentu semua pertanyaan bisa saya jawab (karena keterbatasan saya) n bisa jadi mahasiswanya nich ada yang lebih pinter dari dosennya :-)

Makanya ada beberapa saran yang bisa dilakukan sebelum bertanya :

1. Cari tau tentang permasalahan anda di buku,

2. Searching di internet, atau coba baca-baca di forum online (contoh: http://www.delphi-id.org/)

3. Lakukan uji coba seperti yang mereka (buku/internet) bilang,

4. Jika belum mudeng atau belum berhasil atau error nah itu baru ada kasus yang bisa dibahas "saya udah coba begini begitu, tappi koq hasilnya begini eror dan sebagainya". gitu dehh..yang jelas sebenarnya mahasiswa itu kreatif. karena itu mumpung masih jadi mahasiswa nich, jangan sia-siakan waktu kuliah, belajarlah sepuas-puasnya. gali potensi kalian, oke...?

Selamat Belajar
"Love nDelphi"

Tidak ada komentar: