Minggu, November 09, 2008

Judul TA dan bakat anda???

Suatu hari,...ada aja mahasiswa yang nanyain "Bu...judul apa ya yang bagus buat Tugas Akhir saya? Hoala nak...dikau itu hobinya apa? Suka nggambar atau animasi atau pemrograman atau editing video atau teknisi atau jaringan atau akuntansi atau....?Kalo menurut saya sih...jurusan informatika itu fleksibel, berhubungan dengan berbagai macam bidang ilmu. Ada yang merasa kurang mampu di pemrograman, ya..pastinya dia punya bakat lain. Kalau dia hobinya nggambar ya udah..buat aja pilem kartun, media pembelajaran, company profile, de'el'el. Lha bu...saya ndak bisa nggambar n nggak bakat pemrograman. Ah masa sich? Coba test...editing video hobi ndak? Mbok bikin pilem aja, rekaman apa gitu misalnya video mbenerin komputer. Trus kalo teknisi atau jaringan? Atau akuntansi? Kan bisa mbuat Sistem Informasi Akuntansi? Lha bu...itu kan pake logika pemrograman juga?Ya...iyalah masa ya iya dol, pake speedy lah.. masa' spidol?

Lalu...apa hubungannya bakat/minat/hobby dengan Tugas Akhir?
Begini sodara,..seperti kita sadari bersama bahwa ketika kita mengerjakan sesuatu yang sangat kita sukai, bisa dipastikan hasilnya bagus? kenapa? ya karena kita mengerjakan itu dengan ikhlas bangets sepenuh hati.Sebab...bagaimana pun juga membuat Tugas Akhir dengan tangan sendiri sangat jauh lebih baik daripada minta di'buatin. Karena itu kenali dulu bakat anda...Coba bayangkan....misalnya nih...saya kuliah jurusan Manajemen Informatika, ambil judul TA Sistem Informasi Stok Barang. Saya belajar di sini karena ingin punya keahlian programmer. Tapi karena malas dan saya hobinya pilem kartun, maka saya minta dibuatin temen. Pertanyaannya adalah : sekarang siapa yang jadi programmernya? temen saya to? Trus...saya bisa apanya donk? Mau pura-pura jadi analisnya? We'e'e'e'e'...:-) Dari pada nglindur jadi programmer di siank bolonk,..Mendingan ambil aja judul yang saya hobi..pilem kartun.
Oleh karena itu...arahkan bakat dengan benar.
Tapi ada juga yang merasa kurang berbakat misalnya di pemrograman, tapi dia seneng ingin belajar pemrograman, nah...kalau semangat belajar lebih kuat dari pada bakat, insyaAllah pasti bisa... Jaddi..selamat belajar ajja..
Ada juga jenis orang yang bisa kedua-duanya, atau oke semuanya. Yah,...manusia memang beda-beda. Punya kelebihan dan kekurangan ndiri-ndiri. Mungkin dalam hal ini dia bisa tapi tidak dalam hal lain.
Ya..gitu deh menurut saya...,kalau ada yang mau memberi koment atau punya pendapat lain..silahkan...

Tidak ada komentar: